Minggu, 14 Juli 2019

Kuasai Ketipung Dengan Tips Berikut


Ada banyak orang yang ingin mempelajari salah satu instrumen khas musik lagu dangdut terbaru koplo yaitu ketipung atau kendang ketipung. Tetapi memang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan jelas apa tips mudah belajar gendang ketipung. Kita semua lebih baik tahu kiat bermain alat musik dangdut ketipung satu ini, kalau ingin lebih jago bermain gendang ketipung. 

Memang ada banyak tips mudah belajar gendang ketipung. Terdapat salah satu hal penting pada saat belajar alat musik ketipung yaitu seperti dengan mengenali karakteristik suara ketipung. Hal yang satu ini dirasa cukup penting jika ingin belajar alat musik dangdut gendang ketipung. Ketipung itu sendiri pada umumnya dibagi atas dua bagian, yaitu alat musik dangdut gendang ketipung dengan ukuran yang kecil dan juga alat musik dangdut gendang ketipung dengan ukuran yang lebih besar. 

Dari kedua jenis bagian ketipung tersebut mempunyai karakteristik suara sangat berbeda jika dimainkan. Bagi mereka yang sering melihat alat musik dangdut gendang ketipung ini dimainkan pada pentas dangdut koplo atau dangdut lainnya, tentunya akan mudah menyadari perbedaan suara dari dua bagian alat musik dangdut gendang ketipung ini. Untuk alat musik dangdut gendang ketipung yang ukurannya kecil pada umumnya mempunyai suara yang berbunyi TAK. Sementara, bagian alat musik dangdut gendang ketipung yang ukurannya lebih besar, maka memiliki suara DUT. Banyak orang yang menyebut suara alat musik dangdut gendang ketipung tersebut sebagai kendang tak serta kendang dut. Selain dari yang di atas, memang masih terdapat tips mudah belajar gendang ketipung lainnya. 

Tips penting belajar alat musik dangdut gendang ketipung lainnya yaitu dengan mempelajari cara memukul alat musik dangdut gendang ketipung tersebut. Untuk ketipung kendang DUT notabenenya adalah sebagai sumber suara bassnya. Oleh karena itu, bagian alat musik dangdut gendang ketipung satu ini lebih baik Anda pukul dengan memakai jari tengah Anda beserta tangan Anda atau bagian pangkal telapak untuk menekannya. 

Tetapi bagi mereka yang baru belajar alat musik dangdut gendang ketipung ini, lebih baik belajar memainkan ketukan alat musik dangdut gendang ketipung yang lebih dasar awal-awalnya. Mereka yang baru mempelajari bermain alat musik dangdut gendang ketipung, tidak harus membuat hentuman atau lantunan bass ketipung yang indah, cukup yang sederhana dulu saja. Sedangkan, untuk bagian alat musik dangdut gendang ketipung yang TAK, bisa anda pukul dengan menggunakan satu jari yaitu jari telunjuk saja. 

Disamping itu, jempol dan juga jari telunjuk Anda bisa digunakan untuk menahan bunyi, gunakanlah dua jari pada saat melakukannya. Anda bisa memanfaatkan kiat bermain alat musik dangdut ketipung di atas jika ingin semakin ahli memainkan alat musik ketipung. Itu saja ulasan sederhana mengenai cara tepat main gendang ketipung kali ini. Dengan ulasan di atas, maka Anda dapat semakin mengerti apa hal penting pada saat belajar alat musik ketipung. Lebih baik kalau Anda selalu mengingat tips mudah belajar gendang ketipung ini pada saat ingin lebih jago bermain gendang ketipung. Semoga artikel mengenai kiat bermain alat musik dangdut ketipung ini bisa membantu Anda semua.

Ketipung menjadi salah satu alat musik atau instrumen esensial pada musik lagu dangdut koplo. Oleh karena itu lebih baik dalam belajar ketipung harus giat agar bisa memperindah tampilan pentas dangdut koplo.

0 komentar:

Posting Komentar