Sabtu, 04 Mei 2019

Inilah 5 Penyebab AC Anda Berisik


Weekend merupakan waktu yang paling tepat untuk membersihkan seluruh isi rumah. Anda bisa mencuci baju, mengepel seluruh ruangan rumah, mencuci piring, menyiram tanaman, membersihkan wc, cuci AC (Air Conditioning), dan masih banyak kegiatan lainnya. Tentu saja hal tersebut akan membuat kesegaran pada rumah Anda. Selain itu, kondisi rumah yang bersih akan membuat Anda tetap sehat dan terhindar dari sumber penyakit.

Setelah lelah seharian bekerja, tentu Anda memilih untuk berisitirahat sambil meneguk air dingin dan menyalakan AC agar badan menjadi lebih segar. Namun, istirahat Anda terganggu karena suara bising yang cukup keras. Setelah diselidiki ternyata suara berisik itu berasal dari AC di rumah Anda. 

Selain melakukan cuci AC, AC Anda pun harus memperhatikan perawatan AC lainnya. Bunyi berisik atau bising pada AC menandakan adanya masalah yang cukup serius. Umumnya, benda-benda elektronik dengan pemakaian yang cukup lama akan mengalami berbagai permasalahan jika tidak dilakukan perawatan secara berkala, khususnya pada AC. Jika dibiarkan terlalu lama maka kemungkinan besar AC pun akan mengalami kerusakan secara permanen.

Dengan begitu, Anda harus memperhatikan perawatan pada AC Anda secara berkala seperti cuci AC atau sekadar membersihkan debu-debu yang menempel pada AC mengunakan kemoceng. Sebelum Anda melakukan pengecekan dan perawatan untuk AC, ada baiknya untuk mengetahui beberapa penyebab kebisingan pada AC, sehingga Anda bisa melakukan penanganan yang tepat. Berikut adalah ulasannya.

1. Baut yang terlalu longgar
Masalah pertama yang terjadi yaitu pemasangan baut yang terlalu longgar. Jika baut AC terlalu longgar, maka AC akan bergetar saat sedang beroperasi. Begitu juga dengan baut-bautnya. Jika masalah ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, kemungkinan besar bautnya akan semakin longgar. Dengan begitu, AC akan menghasilkan suara bising dan berisik akibat baut tersebut. Oleh karena itu, cobalah cek apakah ada baut yang longgar atau tidak.

2. Adanya bagian indoor AC yang kotor
Penyebab yang kedua yaitu diakibatkan adanya bagian indoor AC yang kotor. Putaran pada AC menjadi tidak seimbang dikarenakan bagian IDU (daun kipas) yang kotor, sehingga kompresor menjadi berat dan memicu getaran dan suara yang cukup mengganggu. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan AC secara rutin agar tidak kotor. Selain membuat AC menjadi berisik, udara yang dihasilkan oleh AC yang kotor dapat mengganggu pernapasan.

3. Penyangga atau tempat AC yang tidak rata
AC harus diletakan pada dudukan atau bracket agar bisa menempel dengan baik pada tembok. Idealnya, AC harus ditempakan pada permukaan yang rata. Namun Anda seringkali memasang AC pada permukaan yang tidak rata. Akibatnya, AC tersebut mengeluarkan suara yang berisik yang sangat mengganggu. Cara mengatsinya yaitu dengan memindahkan AC ke tempat yang lebih rata. 

4. Bearing kompresor yang sudah longgar/kendor
Faktor lain yang juga mengakibatkan kebisingan pada AC yaitu bearing kompresor yang longgar. Hal ini disebabkan salah satunya oleh pemakaian yang cukup. Karena bearing kompresor yang longgar/kendor tidak bisa dibetulkan, maka kompresornya harus diganti dengan yang baru. 

5. Sirkulasi AC terganggu
Sirkulasi liquid freon pada saat instalasi AC juga bisa menjadi penyebab AC mengeluarkan suara yang bising. Kemungkinan besar sirkulasi freon terganggu pada saat Anda melakukan vakum udara pada AC, sehingga menimbulkan suara yang berisik. Hal tersebut dikarenakan pemasangan AC yang tidak maksimal.

Demikianlah beberapa penyebab mengapa AC mengeluarkan suara yang berisik. Jangan lupa untuk selalu merawat AC Anda secara berkala dengan mengecek komponen-komponennya dan cuci AC secara rutin. Jika Anda tidak mempunyai waktu yang cukup, Anda bisa menggunakan jasa service AC agar hasilnya lebih maksimal.

1 komentar: