Rabu, 03 April 2019

Mengenal Asuransi Syariah Lebih Dalam Sebelum Membuat Asuransi


Asuransi syariah merupakan jenis asuransi yang sedang populer saat ini. Asuransi jenis ini memberikan berbagai keuntungan dan hal inilah mengapa banyak orang yang ingin memiliki asuransi jenis ini. Ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu memiliki asuransi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memiliki asuransi jenis ini. Seperti jenis asuransi pada umumnya, asuransi ini ternyata memiliki jenis berbeda misalnya asuransi kesehatan syariah dan lain-lain.

Bagi Anda yang mungkin baru pertama kali mendengar mengenai jenis asuransi ini, ada baiknya Anda mengenal asuransi ini sebelum memutuskan untuk membuat asuransi. Berikut penjelasannya.

Definisi Asuransi Syariah
Asuransi ini merupakan jenis asuransi yang berdasarkan prinsip syariah yaitu tolong-menolong dan melindungi di antara para peserta asuransi melalui pembentukan kumpulan dana yang dikelola berdasarkan prinsip syariah untuk menghadapi risiko tertentu. Itulah mengapa asuransi ini dianggap cukup menguntungkan karena dijalankan berdasarkan prinsip syariah bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan semata.

Fungsi Asuransi Syariah
Berbicara mengenai fungsi asuransi berbasis syariah, fungsinya sama halnya dengan fungsi asuransi pada umumnya. Adapun fungsinya yaitu seperti: sebagai investasi ke depannya, menjaga kestabilan keuangan yang Anda miliki, dapat mengurangi bahkan mengalihkan risiko yang akan Anda alami. Maksud dari mengalihkan risiko di sini yaitu misalnya jika Anda mengalami kecelakaan dan membutuhkan operasi, jika Anda memiliki asuransi maka Anda dapat ditangani dengan cepat untuk menghindari risiko lainnya.

Keuntungan Memiliki Asuransi 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan memiliki asuransi jenis syariah ini, maka Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah tentunya perencanaan hidup Anda akan lebih terjamin terutama dari segi keuangan atau finansial. Oleh karena itu, Anda tidak perlu memirikan banyak hal mengenai keuangan Anda karena asuransi yang Anda buat sama saja halnya berinvestasi untuk masa depan Anda maupun keluarga.

Itulah beberapa penjelasan mengenai asuransi syariah yang harus Anda ketahui agar dapat mengenal lebih dalam sebelum memutuskan untuk membuat asuransi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. 

0 komentar:

Posting Komentar