Rabu, 10 April 2019

Manfaatkan Modal Usaha Bunga Rendah untuk Ekseksui 4 Ide Usaha Kuliner Ini


Pernah terpikir untuk memiliki usaha kuliner rumahan? Anda mungkin pernah. Bisnis kuliner memang bisnis yang menarik. Dipermudah dengan adanya modal usaha bunga rendah, Anda tentu bisa mewujudkannya.

Namun yang mungkin menjadi pertanyaan adalah, usaha kuliner apa yang cocok Anda jalankan? Nah, ide usaha kuliner di bawah ini mungkin bisa menjadi jawaban pertanyaan Anda. Yuk langsung cek aja.

1. Aneka kue
Anda yang jago membuat kue, bisa memulai usaha menjual aneka kue, baik kue kering maupun kue basah. Anda bisa memasarkannya secara online maupun offline. Anda bisa menerapkan sistem pre order untuk bisnis ini, yaitu Anda baru membuatkan kue jika ada pesanan yang datang. Dengan begitu, Anda tidak akan membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Kue yang Anda jual juga akan lebih fresh.

Kue-kue basah bisa Anda promosikan kepada ibu-ibu arisan. Biasanya arisan membutuhkan snack, nah, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Kue-kering bisa Anda jual dengan target market lebih luas. Anda juga bisa membuat kue tergantung pada momen-momen tertentu. Seperti lebaran dan natal, kue kering akan banyak laku. Pada saat imlek, orang-orang akan mencari kue keranjang. Anda harus mampu meliat peluang-peluang tersebut dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

2. Aneka gorengan
Menjual gorengan juga bisa membuat dagangan Anda laris manis karena banyak orang yang menykai gorengan. Tanpa perlu modal yang banyak, Anda bisa langsung memulai usaha ini dengan peralatan yang sudah ada di dapur Anda. Bahan bakunya pun terjangkau dan bisa didapat dengan mudah.

3. Aneka keripik
Anda juga bisa menjual cemilan aneka keripik. Macamnya pun banyak. Anda bisa membuat produk sesuai dengan minat masyarakat. selain itu, Anda juga bisa berinovasi dengan memberikan berbagai rasa pda keripik Anda, seperti peda, balado, dan asin.

4. Warung makan
Jika ada tempat untuk membuka warung makan, Anda bisa membukanya di rumah Anda. Apalagi jika rumah Anda dekat fasilitas umum seperti kampus dan sekolah. Membuka warung makan bisa menjadi ide yang sangat bagus.

Anda bisa memilih menjualnya pada siang atau malam hari. Menunya disesuaikan dengan selera masyarakat sekitar. 

5. Restoran
Jika Anda memiliki modal yang lebih besar atau pengajuan pinjaman modal usaha bunga rendah Anda disetujui, Anda bisa membangun usaha restoran. Anda bisa mendirikan restoran padang, restoran khusus seafood, atau yang lainnya. Bisnis restoran memiliki kompetitor yang lebih besar. Pastikan usaha Anda memiliki ciri khas tersendiri.

Nah, itulah lima bisnis kuliner yang mungkin bisa menginspirasi Anda untuk memulai bisnis. Namun menjalankan bisnis kuliner juga membutuhkan strategi yang pas agar laku keras.

Tips Menjalankan Usaha Kuliner
Agar usaha kuliner yang Anda jalankan berhasil, Anda sebaiknya mengikuti tips menjalankan usaha kuliner di bawah ini :

1. Kualitas makanan
Karena yang Anda jual adalah makanan, Anda wajib menjaga kualitas makanan. Pilih bahan baku yang berkualitas tinggi untuk mendapatkan hasil makanan yang berkualitas pula. Tidak hanya itu, Anda juga harus menjaga kualitas rasanya agar selalu enak dan lezat.

Menjaga kualitas makanan juga dari pengemasannya. Pakailah kemasan yang mampu menarik mata konsumen. Selain itu, jagalah selalu kebersihan dan tetapkan stAndar pengolahan yang tinggi untuk makanan yang Anda jual.

2. Inovasi
Ada banyak penjual yang menjual produk yang sama dengan Anda. Untuk membedakan produk Anda dengan produk kompetitor Anda, Anda perlu inovasi, baik dari segi rasa, tampilan, maupun pengemasan. Sesuatu yang berbeda ini bisa menjadi nilai tambah dari produk yang Anda jual.

Selain berinovasi pada produk, Anda juga bisa melakukan inovasi dari segi promosi. Misalnya memberikan diskon untuk 100 pembeli pertama, atau promo makan sepuasnya bayar sesukanya. Apapun itu, selama ide itu baik untuk usaha Anda, Anda harus merealisasikannya.

3. Pelayanan yang baik
Konsumen adalah raja. Perlakukan konsumen dengan baik. Berikan pelayanan yang memuaskan agar mereka mau kembali lagi. Pelayanan yang buruk memberikan kesan yang buruk juga kepada konsumen Anda. Jika pelayanan yang Anda berikan memuaskan, mereka tidak akan segan-segan merekomendasikan tempat usaha Anda kepada para koleganya.

4. Segmentasi yang tepat
Hal positif yang didapat dari perencanaan yang matang adalah Anda akan mendapatkan target market yang pas. Hal ini berguna untuk membuat produk Anda laris manis karena sesuai dengan profil target market yang Anda bidik.

5. Pikiran yang positif
Mengembangkan bisnis butuh pikiran yang positif. Jika Anda berpikir Anda bisa mengembangkan bisnis Anda, suatu saat pasti pikiran ini akan menjelma nyata. Jika Anda berpikir mustahil atau tidak bisa, ya selamanya bisnis Anda akan seperti itu. Mindset itu penting dimiliki oleh para pebisnis demi bisnis yang lebih baik.

Nah, lengkap sudah ide bisnis bidang kuliner sekaligus tips menjalankan bisnis kuliner yang akan Anda rintis. Bisnis kuliner memang bisnsi yang menjanjikan, namun Anda juga perlu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar lokasi tempat Anda berjualan. Apakah cocok dengan segmentasi produk yang Anda jual atau tidak.

Modal bukanlah masalah utama dalam menjalankan bisnis kuliner. Karena saat ini Anda bisa mengambil pinjaman modal usaha bunga rendah untuk memulai usaha. Jika Anda tertarik, Anda bisa cek info selengkapnya di https://www.cekaja.com/small-business-banking.

0 komentar:

Posting Komentar