Selasa, 26 Maret 2019

Ibu Harus Sediakan Obat Luka Ini untuk Menjaga Aktifitas Si Kecil


Memiliki anak adalah sebuah tantangan dan tanggung jawab tersendiri bagi orang tua. Menyediakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya adalah salah satu cara mendidik anak untuk tumbuh secara optimal. Termasuk di dalamnya adalah menyediakan obat untuk pertolongan pertama saat si kecil sakit. Sakit di sini bukan hanya sakit dengan penyakit dalam saja, namun juga sakit untuk penyakit luar atau luka. Tak jarang si kecil mengalami jatuh saat bermain atau tersenggol knalpot panas yang membuatnya terluka dimana penanganan pertama menjadi penting untuk luka agar lebih cepat sembuh dan hilangnya rasa sakit.

Si kecil jatuh atau terkena benda panas bisa dialami oleh semua ibu dengan anak yang aktif dan energik. Namun sayangnya tak semua ibu memiliki obat untuk memberikan pertolongan pertama yang penting tersebut. Bagi ibu yang belum mengetahui dan belum memiliki obat apa yang sebaiknya selalu disediakan untuk menjaga aktifitas bermain si kecil, berikut ini adalah daftar obat yang perlu Anda cari di pasaran:

Saat si kecil terjatuh, akan meninggalkan luka goresan maupun luka menganga yang lebar. Untuk penanganan pertama, cuci luka menggunakan air mengalir kemudian gunakan cairan antiseptik dengan cara diteteskan di bagian luka tersebut. Jika perlu tempelkan plester atau perban menggunakan kasa steril. Namun jika luka terlalu besar, maka Anda perlu membawa si kecil ke dokter apabila memerlukan jahitan.

Obat luka luar lainnya adalah salep atau gel luka bakar. Anak saat bermain tak sengaja menyenggol knalpot panas bisa langsung Anda berikan salep atau gel sehingga penanganan pertama dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Setelah itu bawa si kecil ke dokter agar dokter dapat memberikan suntikan untuk mencegah infeksi.

Obat luka antiseptik dan obat luka bakar adalah dua obat luar yang harus selalu ada di kotak P3K Anda untuk mengawal aktifitas si kecil. Keduanya bisa Anda beli di Apotek terdekat ataupun di mini market yang menyediakan counter khusus obat-obatan.

0 komentar:

Posting Komentar