Kamis, 17 Januari 2019

5 Air Terjun dengan Pemandangan Indah di Malaysia


Malaysia juga punya wisata alam yang indah, sekaligus menantang adrenalinmu. Setelah mengunjungi Batu Caves yang merupakan tempat ibabah, belanja di sekitar KLCC, serta menikmati macam-macam street food di Bukit Bintang atau Penang, kami akan mengajak Anda menikmati deburan air di berbagai wilayah pedalaman Malaysia.
Tempat tersebut jauh tersembunyi di balik gunung atau hutan rimbun, dan keindahan adalah bayaran atas semua upaya Anda menempuh jalanan terjal berliku menuju ke sana.  Untuk mencapainya, Anda memang harus memberikan usaha lebih, mulai dari perencanaan hingga memesan tiket pesawat.
Lokasinya pun berbeda-beda, mulai dari Perak hingga Selangor, sehingga perlu waktu banyak jika ingin mencapai semuanya sekaligus. Supaya bisa berhemat, ada baiknya juga bila memilih penerbangan dengan harga terjangkau seperti Malaysia Airlines. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan fisik yang prima, hingga menyiapkan kamera terbaik untuk hasil foto yang menakjubkan.
Untuk Anda yang ingin bertualang menjelajah keindahan alam Malaysia, berikut ini beberapa air terjun terbaik yang bisa dikunjungi:

1. Lata Kinjang, Chenderiang, Perak

Air terjun ini terletak di Taman Eko Rimba Lata Kinjang yang berjarak lebih kurang 18 kilometer dari Tapah, Perak.  Kalau Anda berada di Kuala Lumpur, maka naiklah kereta jalur Lebuhraya Utara-Selatan dan turun di Tapah, dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam.
Sesampainya di Taman Eko Rimba ini, Anda mesti mendaki untuk bisa menikmati pemandangan air terjun dan hutan rimbun. Di sekitar puncak pendakian juga ada sungai yang alirannya cukup tenang sehingga Anda bisa bersantai atau berenang.

2. Air Terjun Ulu Geruntum, Gopeng, Perak

Masih di Perak, Anda bisa menemukan air terjun lain yang dikenal bernama Ulu Geruntum. Lokasi ini terbagi menjadi dua, yakni air terjun kawasan rendah dan air terjung kawasan tinggi. Hati-hati, karena kawasan tinggi tidak bisa sembarangan dimasuki. Butuh peralatan panjat lengkap agar bisa mengaksesnya. Namun air terjun kawasan rendah bisa diakses oleh siapapun. Keduanya sama-sama cantik dan memiliki air jernih menyegarkan.

3. Air Terjun Sungai Pandan, Kuantan, Pahang

Pada titik tertingginya, air melonjak dan mengalir di atas tebing berbatu sebelum akhirnya  terjun ke kolam dasar sungai berpasir. Airnya cukup jernih dan menyegarkan. Celupkan kaki Anda sambil duduk di batu dekat kolam, atau bawalah bekal untuk disantap sambil menikmati suasana segar di sekeliling air terjun.
Karena tempat ini cenderung mudah dijangkau, maka sangat cocok bagi Anda yang ingin piknik, mandi atau bersantai bersama keluarga dan teman. Masyarakat Kuantan sendiri sering menjadikan air terjun Sungai Pandan sebagai salah satu tujuan liburan paling sering oleh pengunjung terutama warga di akhir pekan.

4. Air Terjun Berkelah, Maran, Pahang

Anda butuh berusaha lebih keras untuk bisa mencapai air terjun Berkelah. Dari kota Kuantan, Anda mesti melanjutkan perjalanan antara 31 atau 35 kilometer ke arah Maran.
Sedangkan dari Kuala Lumpur, Anda mesti berkendara lebih jauh lagi. Mulailah dengan bergerak ke arah Karak Highway, menuju ke East Coast Expressway. Kemudian lanjutkan dengan berkendara 110 kilometer menuru Pintu Keluar Sri Jaya dan ambil jalan ke arah Kuantan.
Perjalanan panjang itu rasanya terbayar ketika sudah sampai di Air Terjun Berkelah dan melihat keindahannya yang bertingkat-tingkat. Air terjun ini memang memiliki 7 tingkatan. Selain menikmati air terjun, Anda juga bisaberkemah bersama teman-teman.

5. Air Terjun Sungai Chiling, Kuala Kubu Baru, Selangor

Air Terjun Sungai Chilling masih cukup mudah dijangkau dari kota Kuala Kubu Bharu, Sleangor. Jarak perjalanan kira-kira 14 km mengikuti jalanan menuju ke Bukit Fraser. Lalu selepas Empangan Sungai Selangor dan satu jembatan sempit,  Anda akan menjumpai jalan masuk menuju kawasan Air Terjun Chiling.
Di sepanjang sungai bagian dari air terjun ini ada banyak ikan. Celupkanlah kaki ke bagian sungai yang dangkal dan tebarkan makanan. Ikan-ikan tersebut akan datang mengerumuni Anda. Makanan ikan tersebut disediakan di tempat pendaftaran seharga sekitar RM 2 per bungkus.
Awas, jangan sampai salah waktu berkunjung! Tempat ini hanya dibuka pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Waktunya mulai dari 8.00 pagi hingga 6.00 petang. Sedangkan di hari-hari lain, sekitar kawasan air terjung ditutup untuk pemeliharaan. Jangan pula mencoba menangkap ikan karena hal tersebut melanggar hukum.

0 komentar:

Posting Komentar