Rabu, 07 November 2018

6 Cara Merawat Rak Sepatu Kayu agar Tetap Awet


Anda punya rak sepatu kayu di rumah? Rak kayu memang kokoh dan mampu menampung belasan sepatu. Hati-hati, rak kayu itu bisa keropos dan berjamur, jika kurang hati-hati saat membersihkannya.  Anda tentu tidak ingin rak sepatu kesayangan rusak dan harus membelinya lagi, karena harganya juga lumayan. Ini beberapa cara merawat rak kayu agar tetap awet.

1. Lapisi dengan Cat anti Rayap

Rayap adalah musuh terbesar dari furnitur berbahan kayu. Sebelum rak sepatu digerogoti rayap nakal, segera lapisi rak dengan cat anti rayap. Anda bisa membelinya di toko bahan bangunan. Harga cat itu tak seberapa, namun bisa melindungi rak sepatu Anda selama bertahun-tahun. Ulangi proses pelapisan ini setiap satu tahun sekali.

2. Jauhkan dari Kelembaban

Kondisi ruangan yang lembab membuat rak sepatu berbahan kayu mudah berjamur. Anda harus menempatkannya dalam ruangan yang kering dan bebas tetesan air. Periksa genteng dan langit-langit rumah, jangan sampai bocor dan air merembes membasahi rak sepatu ketika hujan. Jika rak kayu tidak sengaja terkena cipratan air, segera keringkan dengan tisu atau lap kain.

3. Bersihkan Sepatu Sebelum disimpan

Apakah Anda mengikuti touring lalu pulang dengan sepatu berlapis lumpur tebal? Jangan pernah menaruh sepatu kotor dan basah langsung di atas rak sepatu kayu. Rak akan cepat kotor dan rusak terkena air. Bersihkan dan keringkan sepatu terlebih dahulu, sebelum disimpan di dalam rak. Rak akan tetap awet karena seluruh sepatu di dalamnya dalam keadaan bersih.

4. Bersihkan Rak dengan Teratur

Rak sepatu yang kotor akan lekas rusak dan terlihat kusam. Bersihkan rak setidaknya satu bulan sekali, agar terbebas dari debu dan kotoran lainnya. Ambil lap kering dan botol semprot, isilah botol dengan air. Semprot seluruh bagian rak dengan teliti, juga bagian belakang dan pojok-pojoknya. Anda bisa mengelap rak hingga benar-benar kering, agar tidak mudah berjamur.

5. Poles dengan Semir Sepatu

Setelah dibersihkan, Anda bisa melapisi rak dengans emir sepatu, agar lebih awet. Sesuaikan warna semir dengan warna rak. Jika rak penyimpan sepatu Anda berwarna hitam, jangan poles dengan semir sepatu warna coklat. Rak akan terlihat aneh dan berkesan suram. Semirlah rak dengan merata, dan ulangi proses ini satu bulan sekali.

6. Letakkan di Tempat Teduh

Rak sepatu berbahan kayu bisa cepat rusak saat terkena sinar matahari. Letakkan rak di tempat yang teduh, misalnya di ruang tamu atau di kolong bawah tangga. Rak akan aman dan warnanya tidak mudah pudar. Jika Anda terpaksa menaruh rak di teras depan karena tidak ada tempat lagi di dalam rumah, tutupi dengan kain atau taplak yang bersih.

Merawat rak sepatu kayu memang membutuhkan ketelatenan. Rak harus dibersihkan dengan air, lalu dilap sampai benar-benar kering. Rak yang basah akan cepat lapuk dan berjamur. Bersihkan sepatu-sepatu Anda terlebih dahulu, sebelum menyimpannya ke dalam rak. Sepatu-sepatu Anda akan aman tersimpan dalam rak kayu yang awet.

0 komentar:

Posting Komentar