Rabu, 05 September 2018

Lee Woo Guan Bantu Ketahui Penyebab Penyakit Baker Cyst


Salah satu penyakit yang dapat terjadi pada lutut adalah baker cyst atau disebut dengan kita baker. Sebuah penyakit yang terjad karena adanya penumpukan cairan di belakang lutut. Ketika kista terbuka maka Anda akan merasakan sakit disertai pembengkakan. Berikut penyebab penyakit ini yang dapat Anda ketahui dari dokter Lee Woo Guan

1. Jumlah Cairan Synovial

Lutut memiliki cairan pelumas yaitu cairan synovial yang membantu kaki dapat mengayun dengan mulus dengan gesekan yang sangat kecil. Hanya saja ketika jumlah cairan ini terlalu banyak membuat terjadinya penumpukan pada area tulang belakang lutut. Akibatnya terjadilah kista baker yang dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda.  

2. Peradangan Lutut

Kista baker juga dapat terjadi karena mengalami peradangan pada bagian lutut seperti yang terjadi pada penyakit arthritis. Peradangan ini disebabkan Anda mengalami cedera pada lutut hingga merobek tulang rawan. Biasanya kondisi ini terjadi setelah mengalami kecelakaan lantas tidak langsung dibawa ke rumah sakit. Anda bisa melakukan pemeriksaan ke Lee Woo Guan. 

3. Adanya Arthritis 

Anda yang mengalami penyakit arthritis pada bagian sendi lutut juga dapat menjadi penyebab pemicunya penyakit kista baker. Contoh penyakit arthritis ini adalah rheumatoid arthritis atau dikenal dengan rematik. Penyakit ini akan menyebabkan peradangan terlebih pada saat sistem kekebalan tubuh dalam keadaan yang tidak stabil. 

Gejalanya dapat diketahui dengan adanya rasa kaku, panas, dan pembengkakan sendi. Contoh penyakit arthritis yang dapat memicu kista baker adalah osteoarthritis yang merupakan penyakit keturunan. Penyakit ini adalah sebuah penyakit kerusakan yang terjadi pada bagian tulang rawan. Ketika mengalami masalah ini segera lakukan pemeriksaan ke ahli ortopedi. 

Tahapan Pengobatan Penyakit Kista Baker

1. Obat-Obatan

Anda akan diberikan obat-obatan sebagai tahap pertama penanganan. Obat ini berfungsi untuk mengurangi terjadinya inflamasi dan meredakan rasa sakit. Namun tidak mencegah perkembangan kista yang dapat membahayakan kondisi persendian lutut Anda. 

2. Penyerapan Cairan

Tahap kedua dari pengobatan kista baker dengan melakukan drainase cairan. Dokter yang ahli akan mengeluarkan cairan berlebihan yang ada pada sendi lutut sehingga mengurangi terjadinya penumpukan yang memicu kista baker. Penyerapan cairan dilakukan menggunakan jarum.

3. Terapi

Tahap ketiga dari pengobatan adalah terapi fisik yang dilakukan mulai dari mengompres dan kruk untuk mengurangi pembengkakan. Ada pergerakan sebagai latihan yang dilakukan untuk menguatkan otot sekitar lutut sehingga tetap menjadi lutut berfungsi dengan baik. 

Penanganan dari penyakit kista baker membutuhkan ahli ortopedi yang andal agar kesembuhannya mencapai persentase tertinggi. Anda bisa mengunjungi website terpercaya yang menyediakan dokter terbaik yang ahli dalam menangani berbagai masalah yang terjadi pada lutut. Anda bisa mengunjungi alamat dokter.my/dokter-ortopedi/lee-woo-guan untuk mendapatkannya.

0 komentar:

Posting Komentar