Kamis, 30 Agustus 2018

Ingin Renovasi Rumah? Persiapkan 5 Pengeluaran Tidak Terduga Ini



Saat ingin renovasi rumah, hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah keseluruhan biayanya. Sebagian orang kadang terlalu fokus pada biaya renovasi, padahal ada biaya lain yang perlu dimasukkan dalam anggaran, seperti biaya kontrakan selama renovasi, khususnya renovasi total. Selain itu, ada juga biaya tidak terduga seperti biaya-biaya berikut ini.

1. Konsumsi Pekerja

Konsumsi pekerja juga perlu Anda perhitungkan biayanya karena jika dikalkulasikan, jumlahnya lumayan besar. Tapi, berhubung pemberiannya tidak sekaligus, hal ini cukup meringankan Anda, apalagi jika memilih untuk memasak sendiri. Beda halnya jika Anda menggunakan jasa katering, akan lebih efisien jika dibayar tiap pekan atau bulanan.

Uang yang dibutuhkan untuk konsumsi harus dibayar sekaligus tiap pekan atau tiap bulan. Selain konsumsi pokok, pertimbangkan pula untuk memberi mereka camilan dan kopi. Biayanya tidak sebesar konsumsi pokok, tapi Anda tetap perlu mempersiapkannya agar tidak merasa kesulitan di kemudian hari.

2. Syarat-Syarat Perizinan

Banyak orang yang belum tahu bahwa untuk merenovasi sebuah rumah secara keseluruhan, diperlukan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dari pemerintah. Anda bisa mengurusnya melalui kantor PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) yang bisa Anda temukan di kantor kecamatan terdekat.

Dokumen yang perlu Anda lengkapi dan serahkan meliputi gambar bangunan yang baru dibangun, IMB bangunan lama, fotokopi slain identitas (KTP), NPWP, serta bukti PBB. Cara mengurus NPWP dan PBB juga mudah dan bisa diajukan via online. Kisaran biaya yang dibutuhkan untuk mengurus perizinan ini tergantung luas bangun dan biaya retribusinya.

3. Transportasi Harian

Jika lokasi kontrakan Anda tidak jauh dari rumah yang sedang direnovasi, biaya ini bisa ditiadakan. Tapi, jika lokasinya jauh dari rumah dan fasilitas umum seperti tempat kerja, sekolah, dan pasar, maka Anda perlu menambahkan anggaran transportasi harian. Baik itu menggunakan kendaraan pribadi (keperluan bensin) maupun umum (ongkos angkutan umum).

4. Perbaikan Kendaraan

Biaya ini masih ada hubungannya dengan transportasi harian dan tempat tinggal sementara Anda lokasinya lebih jauh dari tempat kerja atau sekolah. Sementara itu, Anda tetap menggunakan kendaraan pribadi yang jarak tempuhnya lebih jauh daripada dari rumah yang sedang direnovasi.

Jarak tempuh inilah yang mempengaruhi usia kendaraan sehingga kemungkinan rusaknya jauh lebih besar. Pastikan Anda sudah mengantisipasi hal ini. Kerusakan parah akan lebih mudah dicegah jika Anda rutin service atau memeriksakan kondisi kendaraan ke dealer resmi. Biayanya lebih murah jika dibandingkan dengan service total.

Nah, setelah mengatahui macam-macam biaya tak terduga selama renovasi rumah, Anda tentu bisa lebih siap dalam merancang renovasi. Sedangkan renovasinya sendiri bisa Anda percayakan pada Sejasa yang pekerja dan kinerja pekerjanya tidak perlu Anda ragukan lagi kualitasnya. Segera tentukan jenis renovasi yang Anda butuhkan dan rasakan manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar