Minggu, 15 Juli 2018

Instalasi Layar Kelana, Salah Satu Sudut yang Menarik di XSpace



XSpace merupakan tempat di mana para generasi milenial pada khususnya dan pecinta seni bisa menikmati pameran, sambil mengeksplorasi pengetahuan yang belum diketahui sebelumnya. Nah di acara XSpace yang digelar di Lot 8 SCBD, Jakarta ini ada salah satu intalasi menarik di booth Art Xhibition.

Namanya adalah Lab Laba Laba dengan instalasi bertema Layar Kelana. Instalasi seni ini menghadirkan film atau pita seluliod berukuran 16mm. Seluliod itu ukurannya lebih kecil dari pita film yang mungkin pernah Anda lihat sebelumnya pada film layar tancap (35mm).

Bedanya seluloid 16mm dengan 35mm adalah jarak tembak dari proyektor ke layar. Instalasi seni di XSpace ini ditampilkan agar masyarakat terutama para generasi milenial mengingat atau bahkan mengetahui proses pembuatan film di era digital saat ini.

"Misi kami sederhana yaitu memberikan informasi bahwa pembuatan film di zaman dulu itu seperti ini (menggunakan pita film). Di mana satu detik memakan 24 frame yang dapat dilihat secara fisik di tempat ini," jelas Mario, anggota Lab Laba Laba saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta.

Selain instalasi, Lab Laba Laba juga membuat lokakarya berfiksi dengan seluloid yang memberikan kesempatan bagi enam peserta (per batch) untuk membuat narasi baru dari potongan film seluliod 16mm.

Jadwal lokakarya gratis itu dibagi menjadi dua batch dan masing-masing diberi waktu selama tiga jam untuk memilih potongan film dan membuat narasi baru. "Batch pertama jam satu siang sampai empat sore. Batch kedua jam lima sore sampai delapan malam," tambah Ari yang juga anggota aktif dari Lab Laba Laba.

Menariknya, para pengunjung jadi bisa tahu dari mana anggota Lab Laba Laba mendapatkan potongan film seluliod itu dan nasib pita film yang ada saat ini. Maka dari itu, kalian yang berkunjung ke tempat itu, jangan malu ya untuk bertanya pada para anggota Lab Laba Laba.

Oh ya, kalian juga bisa menjadikan tempat itu sebagai lokasi selfie yang Instagramable banget! Yuk datang ke XSpace. Jadwal musik ada penampilan dari Andini, Rachmania Astrini, Lighcraft, Mantra Vutura, dan Petra Sihombing.

Sediakan juga uang tunai kalau kalian ingin berburu kuliner sekaligus berbelanja barang-barang preloved milik para creater ternama Tanah Air di Booth Xplore the marketplace by Famous ID.

Info pemesanan tiket bisa dilakukan di Loket, JD.ID, Tokopedia, Tiket.com, dan Maimilu. Kalian juga bisa beli tiketnya On The Spot dengan harga Rp75 ribu per hari. 

0 komentar:

Posting Komentar